-->

Pengertian Khutbah, Tabligh dan Dakwah

Pengertian Khutbah, Tabligh dan Dakwah

1. Pengertian Khutbah
            Khutbah secara bahasa berarti ceramah atau pidato dalam kegiatan beribadah seperti : Shalat (shalat jum'at, idul adha, istisqo', kusuf) wukuf dan Nikah. Sedangkan pengertian Khutbah secara istilah yaitu kegiatan ceramah yang disampaikan kepada sejumlah orang Islam dengan syarat dan rukun tertentu yang erat kaitannya dengan keabsahan atau kesunahan ibadah (misalnya khutbah jum'at untuk shalat jum'at, khutbah nikah untuk kesunahan akad nikah).

2. Pengertian Tabligh
          Tabligh secara berasal dari kata ballagha-yuballighu-tablighan yang artinya menyampaikan atau memberitahukan dengan lisan. Sedangkan menunut istilah Tabligh berarti menyampaikan ajaran Islam baik dari Al-Qur'an maupun Hadist yang ditujukan kepada umat manusia. Seseorang yang melakukan Tabligh disebut dengan Muballig, Muballig ini biasanya menyampaikan Tablignya dengan gaya dan retorika yang menarik.

3. Pengertian Dakwah
          Dakwah berasal dari Bahasa Arab yaitu da'a-yad'u-da'watan yang berarti memanggil, menyeru atau mengajak. Menurut istilah, Dakwah adalah kegiatan untuk mengajak orang lain ke jalan Allah Subhanahu Wata'ala secara lisan atau perbuatan untuk kemudian di amalkan dalam kehidupan nyata supaya mendapat kebahagiaan yang hakiki baik di dunia dan akhirat.
          Seseorang yang melaksanakan Dakwah disebut Da'i. Adapun macam-macam Dakwah berdasarkan bentuk penyampainnya yaitu :
  • Dakwah dengan Lisan (kultum, kajian, khutbah).
  • Dakwah dengan Tulisan (buku, artikel, majalah dinding atau diunggah ke internet).
  • Dakwah dengan Perilaku (memberi contoh perilaku baik sesuai syariat Islam).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel